Profil D3 Manajemen Informatika

Perkembangan Universitas Stikubank (UNISBANK) dimulai dengan pembentukan sebuah akademi untuk melanjutkan Jurusan Manajemen Program studi Manajemen Informatika Keuangan dan Perbankan, maka didirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) STIKUBANK pada tanggal 23 Juli 1993. Adapun jurusan yang diselenggarakan adalah Jurusan Manajemen Informatika Jenjang Diploma 3 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 92/D/0/1993 tanggal 23 Juli 1993.
Pada tanggal 19 Agustus 1994, untuk lebih meningkatkan keberadaannya maka AMIK STIKUBANK dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) STIKUBANK dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 086/D/O/1994. Adapun jurusan yang diselenggarakan yaitu :
a. Jurusan Manajemen Informatika Jenjang Strata-1 dan Diploma-3
b. Jurusan Teknik Informatika Jenjang Strata-1
Pada tanggal 4 Maret 1998, dengan SK DIRJEN DIKTI No. 76/DIKTI/KEP/1998, Jurusan Manajemen Informatika Jenjang Diploma III mendapat STATUS DIAKUI.
Untuk menyediakan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja, maka STMIK STIKUBANK membuka Jurusan Manajemen Informatika Jenjang Diploma I dan Diploma II. Berdasarkan Surat Koordinator KOPERTIS Wilayah VI No. 1727A/O06.2/AK10/1998 tertanggal 27 Juni 1998, Jurusan Manajemen Informatika Jenjang Diploma I dan Diploma II mendapat STATUS DIAKUI.
Satu tahun kemudian pada tanggal 24 Maret 1999 memperoleh kenaikan status dengan Surat Keputusan DIRJEN DIKTI No.71/DIKTI/KEP/1999 menjadi STATUS DISAMAKAN. Dengan diberikannya status disamakan ini berarti untuk Program Studi Manajemen Informatika Jenjang Program Diploma III, Jenjang Program Diploma II dan Jenjang Program Diploma I merupakan program studi mandiri dalam melaksanakan proses belajar mengajar, termasuk didalamnya adalah pelaksanaan ujian negara dapat dilakukan sendiri baik pengujinya maupun proses pelaksanaan ujiannya.
Mengingat sumberdaya dipandang cukup memadai, maka pada tanggal 15 Pebruari 1999 menambah Jurusan/Program Studi baru, yaitu Program Studi Komputerisasi Akuntansi Jenjang Program Diploma III dan memperoleh STATUS TERDAFTAR melalui Surat Keputusan DIRJEN DIKTI No. 26./DIKTI/KEP/1999.
Pada tahun 1993, menyongsong era milienium baru dan untuk mengantisipasi kebutuhan sumberdaya manusia di era global, maka Drs. Y. Sutomo mempunyai gagasan untuk mendirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Stikubank. Gagasan pendirian ini kemudian disampaikan kepada Bapak. J. Sudarjo, SH selaku Ketua YPPMI, kemudian di konsultasikan kepada Bapak FX. Budi Dharmakusuma, SE dan Bapak. H. Hadi Wuryan, SH,CN,MH selaku pendiri sekaligus Pengurus YPPMI. Gagasan pendirian AMIK Stikubank ini ternyata disambut baik oleh Pengurus YPPMI dan kemudian dibentuk Panitia Pendirian AMIK Stikubank yang di Ketuai oleh Drs. Y. Sutomo, dengan salah satu anggotanya adalah Drs. R. Basiya. Program Studi yang diusulkan pada waktu itu adalah Manajemen Informatika Jenjang Program Diploma III.
Berdasarkan SK MENDIKBUD RI Nomor 92/D/0/1993, tanggal 23 Juli 1993, secara resmi berdiri Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Stikubank dengan Program Studi Manajemen Informatika Jenjang Program Diploma III. AMIK Stikubank ini pada dasarnya adalah merupakan pengembangan dari Program Studi Manajemen Informatika Keuangan dan Perbankan jenjang program Diploma III, yang sudah dibuka sejak 29 November 1984, dengan SK MENDIKBUD Nomor 061/O/1984 dengan STATUS DISAMAKAN, berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 407/DIKTI/Kep/1992.
Pada tahun 1994 AMIK STIKUBANK dikembangkan lagi menjadi sekolah tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatikan dan Komputer Stikubank, disingkat STMIK STIKUBANK, dengan SK MENDIKBUD RI Nomor 086/D/O/1994 tanggal 19 Agustus 1994. Adapun Panitia perubahan bentuk dari AMIK Stikubank menjadi STMIK Stikubank sebagai Ketua Drs. Y. Sutomo dan salah satu anggotanya adalah Drs. R. Basiya. Program studi yang diselenggarakan oleh STMIK STIKUBANK adalah :

  1. Program Studi S-1 Manajemen Informatika
  2. Program Studi D-III Manajemen Informatika
  3. Program Studi S-1 Teknik Informatika.

Perkembangan dan kemajuan yang dicapai STMIK Stikubank adalah sebagai berikut :

    1. Pada tanggal 4 Maret 1998, dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 76/DIKTI/Kep/1998, Program Studi D-III Manajemen Informatika mendapat Status Diakui.
    2. Membuka Program Studi D-I dan D-II Manajemen Informatika, berdasarkan Surat Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Nomor 1727/A/ 0.06.2/AK.10/1998 tanggal 27 Juni 1998 dengan Status Diakui mengikuti status Program Studi D-III Manajemen Informatika (sesuai dengan peraturan pada waktu itu).
    3. Pada tanggal 24 Maret 1999, Program Studi D-III (termasuk D-I dan D-II) Manajemn Informatika, telah memperoleh Status Disamakan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 71/DIKTI/Kep/1999.
    4. Pada tanggal 15 Februari 1999, STMIK STIKUBANK menambah program studi baru, yaitu Program Studi D-III Komputerisasi Akuntansi dengan status Terdaftar berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 26/DIKTI/Kep/1999
    5. Pada tanggal 20 Mei 2000, membuka program studi baru, yaitu Program Studi D-III Teknik Komputer dengan status Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 164/DIKTI/Kep/2000.
    6. Pada tanggal. 15 Pebruari 2001, berdasarkan SK. BAN-PT No.0141/BAN-PT/Ak-IV/II/2001, Program Studi Manajemen Informatika (S-1) memperoleh akreditasi peringkat “A” dan Program Studi Teknik Informatika (S-1) memperoleh akreditasi peringkat “B”.

Sampai dengan tahun akademik 2000/2001, STMIK STIKUBANK mengelola dan menyelenggarakan 1 (satu) Program Studi D-I, 3 (tiga) Program Studi D-III dan 2 (dua) Program Studi S-1, yaitu :

  1. Program Studi D-I Manajemen Informatika (status Disamakan)
  2. Program Studi D-III Manajemen Informatika (status Disamakan)
  3. Program Studi D-III Komputerisasi Akuntansi (status Terdaftar)
  4. Program Studi D-III Teknik Komputer (status Terdaftar)
  5. Program Studi S-1 ManajemenInformatika/SistemInformasi (akreditasi “A”)
  6. Program Studi S-1 Teknik Informatika (akreditasi “B”).

Pada tahun 1999, Drs. Y. Sutomo, M.M mempunyai gagasan untuk menggabungkan beberapa perguruan tinggi dibawah pembinaan YPPMI dan merubah bentuk menjadi UNIVERSITAS dengan program studi multi disiplin ilmu, agar supaya pengelolaan beberapa sekolah tinggi dan akademi yang dibina YPPMI menjadi lebih efisien serta untuk memperkokoh posisi persaingan. Gagasan ini disambut baik oleh Bapak Pengurus YPPMI, sehingga kemudian dibentuk Panitia Pendirian Universitas (dengan nama UNISBANK) dengan susunan Penanggung Jawab : Prof. H. Hadi Wuryan, SH, CN, MH dan FX. B. Dharmakusuma, SE; Ketua Drs. Y. Sutomo, M.M.; Sekretaris Drs. R. Basiya, M.M.; dan anggota terdiri dari Ir. Lukas Setiawan, Dr. Ir. V. P. Bintoro, M.Agr, Ir. B. Dwiloka, M.S., Nur Aini, SE, Sunardi, S.Kom.
Berdasarkan beberapa kali pembahasan dan dengan berbagai pertimbangan, gagasan untuk menggabungkan beberapa sekolah tinggi dan akademi dibawah pembinaan YPPMI tersebut pada akhirnya disetujui bahwa yang digabungkan menjadi UNISBANK terdiri dari STMIK Stikubank, STIBA Stikubank dan STIH Stikubank. Mengacu kepada Keputusan Mendiknas Nomor 234/U/2000 dengan memperhatikan rasio kelompok bidang ilmu pengetahuan alam dan bidang ilmu sosial, ditetapkan bahwa Universitas diusulkan akan menyelenggarakan 13 program studi (jenjang program S-1 dan D-III).
Akhirnya atas berkat rakhmat Tuhan Yang Maha Esa dan kerja keras dari seluruh pengurus yayasan dan panitia pendirian yang tanpa kenal lelah serta bantuan dari berbagai pihak, maka keinginan untuk pendirian UNISBANK (gabungan dari STMIK, STIBA dan STIH Stikubank) Semarang, telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Pendidikan Nasional dengan Surat Keputusan Ijin Penyelenggaran Program Studi dan Pendirian UNISBANK Nomor 53/D/O/2001 tanggal 5 Juli 2001 dan penandatanganan Surat Pernyataan antara Ketua Yayasan (YPPMI) dan RektorUNISBANK pada tanggal 13 Juli 2001 di Jakarta. Oleh karena itu sejak tanggal 5 Juli 2001, secara resmi STMIK, STIBA dan STIH Stikubank telah berubah bentuk dan bergabung menjadi UNISBANK (UNISBANK) Semarang, dengan mengelola 5 (lima) Fakultas dan 13 Program Studi, yaitu :

No.

Fakultas

Program Studi

1

FakultasTeknologi Informasi

1. Sistem Informasi (S-1)
2. Teknik Informatika (S-1)
3. Manajemen Informatika (D-III)
4. Komputerisasi Akuntansi (D-III)
5. TeknikKomputer (D-III)

2

Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya

1. Bahasa dan Sastra Inggris (S-1)
2. Bahasa Inggris (D-III)

3

Fakultas Hukum

1. IlmuHukum (S-1)

4

Fakultas Teknik

1. Teknik Industri (S-1)
2. Teknik Elektronika (D-III)

5

Fakultas Ekonomi

1. Akuntansi (S-1)
2. Manajemen (S-1)
3. Manajemen Industri (D-III)

Berdasarkan proses berdirinya AMIK Stikubank, STMIK Stikubank, sampai terbentuknya UNISBANK, maka disepakati bahwa Dies Natalis UNISBANK diperingati setiap tanggal 23 Juli, tanggal lahirnya AMIK Stikubank.
Pada tanggal 1 Nopember 2002 UNISBANK mempunyai gagasan untuk mengusulkan menambah satu Program Studi Sistem Komputer S-1 pada Fakultas Teknologi Informasi. Atas gagasan ini kemudian diterbitkan Surat Tugas Rektor Nomor : 723.A/J.01/Unisbank/ST/2002 tentang Pembentukan Tim Pembukaan Program Studi S-1 Sistem Komputer. Berdasarkan penugasan tersebut, maka tim menyusun persyaratan pembukaan program studi dan meneruskan pesyaratan pembukaan tersebut untuk dimintakan ijin ke DiRektorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Pada tanggal 13 Maret 2003 Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi mengeluarkan Ijin Penyelenggaraan Program Studi Sistem Komputer Jenjang Program Sarjana (S-1) pada UNISBANK, dengan Surat Keputusan Nomor : 47/D/T/2003. UNISBANK mulai tahun akademik 2003/2004 mengelola 5 (lima) Fakultas dan 14 (empat belas) Program Studi.
Pada tanggal 1 Oktober 2003 UNISBANK atas instruksi Yayasan Pendidikan dan Penerbit Mahasiswa Indonesia (YPPMI) diminta untuk menggabungkan AKPARTA Stikubank ke dalam UNISBANK agar supaya pengelolaan akademi tersebut menjadi lebih efisien. Atas instruksi tersebut RektorUNISBANK bersama dengan Yayasan (YPPMI) menetapkan penggabungan AKPARTA Stikubank ke dalam UNISBANK menjadi Program Diploma Kepariwisataan UNISBANK yang terdiri dari Program Studi Diploma-3 Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW), dimana pengelolaannya langsung dibawah Rektor. Penggabungan ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Yayasan Pendidikan dan Penerbit Mahasiswa Indonesia (YPPMI) Nomor : 130/SK/YPPMI/IX/2003.
Dengan penggabungan ini, maka UNISBANK mengelola 5 (lima) Fakultas, 16 (enam belas) Program Studi, yaitu :

No.

Fakultas

Program Studi

1

Fakultas Teknologi Informasi

1. Sistem Informasi (S-1)
2. Teknik Informatika (S-1)
3. Sistem Komputer (S-1)
4. Manajemen Informatika (D-III)
5. Komputerisasi Akuntansi (D-III)
6. Teknik Komputer (D-III)

2

Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya

7. Bahasa dan Sastra Inggris (S-1)
8. Bahasa Inggris (D-III)

3

Fakultas Hukum

9. IlmuHukum (S-1)

4

FakultasTeknik

10. Teknik Industri (S-1)
11. Teknik Elektronika (D-III)

5

Fakultas Ekonomi

12. Akuntansi (S-1)
13. Manajemen (S-1)
14. Manajemen Industri (D-III)

6

Program Diploma Kepariwisataan

15. Perhotelan (D-III)
16. Usaha Perjalanan Wisata (D-III)

 

2.5. PENGGABUNGAN DUA LEMBAGA (STIE STIKUBANK DAN UNISBANK) DI BAWAH NAUNGAN YPPMI
Melihat peluang dan hambatan dimasa mendatang Pimpinan UNISBANK dan STIE Stikubank yang termasuk dalam Tim 5 (lima) yakni :

        1. Dr. Y. Sutomo, M.M
        2. Dr. Yeye Susilowati, M.M
        3. Drs. R. Basiya, M.M
        4. Drs. Wanuri, M.M
        5. Taswan, SE., M.Si

Pada tanggal 28 Maret 2007 merumuskan ide penggabungan dua lembaga di bawah naungan YPPMI, ide tersebut ternyata sejalan dengan visi, misi dan tujuan yayasan, maka pada tanggal 30 Maret 2007 mengeluarkan Surat Keputusan YPPMI dengan No. 055/SK/YPPMI/III/2007. Sedangkan ijin dari Mendiknas diperoleh pada tanggal 23 Agustus 2007 dengan No. SK. 160/D/O/2007 dengan demikian program studi yang dimiliki oleh UNISBANK menjadi 20 program studi dengan 5 Fakultas dan 1 program diploma kepariwisataan.
Berdasarkan SK Rektor No. 045/J.01/Unisbank/SK/2011, Program studi D-3 Bahasa Inggris, SK Rektor No.046/J.01/Unisbank/SK/2011, Program studi D-3 Teknik Komputer, dan SK Rektor No. 047/J.01/Unisbank/SK/2011, Program studi D-3 Komputerisasi Akuntansi, Tanggal 15 Juni 2011, telah di passing out.
Berdasarkan SK Rektor No. 047/J.01/Unisbank/SK/2013, Fakultas Ekonomi berubah menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis dan berdasarkan SK Rektor No. 075/J.01/Unisbank/SK/2013, Program Diploma Kepariwisataan berubah menjadi Fakultas Pariwisata, sehingga saat ini UNISBANK memiliki 12 Program Studi dengan 6 Fakultas :
Program Studi dan Jenjang Program
Pada UNISBANK (UNISBANK) Semarang

No.

Fakultas

Program Studi

1

Fakultas Teknologi Informasi

  1. Sistem Informasi (S-1)
  2. Teknik Informatika (S-1)
  3. Manajemen Informatika (D-III)

2

Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya

  1. Sastra Inggris (S-1)

3

Fakultas Hukum

  1. Ilmu Hukum (S-1)

4

FakultasTeknik

  1. Teknik Industri (S-1)

5

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

  1. Akuntansi (S-1)
  2. Manajemen (S-1)
  3. Keuangan dan Perbankan (D-III)
  4. Pendidikan Profesi Akuntansi

6

Fakultas Pariwisata

  1. Perhotelan (D-III)

7

Program Pascasarjana

  1. Manajemen (S-2): Magister Manajemen (MM) dan Magister Sains (M.Si)

Kampus Mugas Jl. Tri Lomba Juang No. 1 Semarang